Smart Ticket Syarat dan Ketentuan :
  1. Yang berhak untuk mengajukan refund adalah identitas yang sesuai atau sama dengan akun penumpang yang melakukan pembelian Electra Smart Ticket dan memiliki kapasitas hukum penuh (atau memiliki wewenang dari wali sah penumpang dengan melampirkan surat kuasa yang telah ditandatangani diatas materai)

  2. Nama penumpang yang tertera pada tiket penerbangan harus sama dengan nama yang tercantum pada polis. Ketidaksesuaian data penumpang akan menyebabkan klaim tidak dapat dibayarkan.

  3. Pada saat mengajukan refund, pastikan anda menyertakan kode booking dan/atau nomor tiket

  4. Dengan menggunakan Electra Smart Ticket, penumpang dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Electra

  5. Electra berhak untuk melakukan perubahan atas syarat dan ketentuan Electra Smart Ticket tanpa pemberitahuan terlebih dahulu

  6. Penumpang tidak diperbolehkan untuk melakukan refund jika telah melakukan check in (dibandara atau melalui online)

  7. Pengajuan Refund yang telah kami proses, tidak dapat dibatalkan dengan alasan apapun

  8. Untuk penerbangan pulang-pergi dalam 1 kode booking, pembatalan salah satu rute atau sebagian akan mengikuti ketentuan maskapai

  9. Apabila terdapat penerbangan lanjutan (transit) dalam satu kalil perjalanan maka akan dikenakan biaya satu kali premi

  10. Electra tidak akan bertanggung jawab atas terhambatnya proses refund akibat kesalahan pengisian data ataupun kurangnya kelengkapan dokumen atau informasi tambahan sehubungan dengan persersetujuan pengajuan refund oleh pihak maskapai

  11. Pembatalan dan Penjadwalan Ulang (reschedule) oleh pihak maskapai tidak termasuk pertanggungan

  12. Refund yang akan dibayarkan kepada penumpang akan didasarkan pada basic fare yang berlaku

  13. Dalam hal penumpang dengan maksud dan tujuan untuk menguntungkan dirinya sendiri melakukan proses klaim/refund asuransi sebagaimana dimaksud dalam produk asuransi ini, dengan tindakan -tindakan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia, maka akan dikenakan sanksi baik perdata maupun pidana sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia

  14. Dalam hal pengajuan Refund, penumpang tidak diperkenankan melakukan hal-hal yang tergolong sebagai tindakan penipuan (fraud) sesuai dengan ketentuan dan perundang-undangan yang berlaku di Indonesia:

    • Klaim refund tidak bisa dilakukan 2 kali (ke maskapai dan Electra). Dalam hal penumpang melakukan pengajuan klaim ke Maskapai, maka ketentuan pengembalian (refund) atas Electra Smart Ticket tidak dapat diberlakukan.

    • Penumpang dilarang melakukan pengajuan klaim refund, namun tetap melakukan perjalanan.

  15. Administration Fee dan Biaya Transfer bank yang timbul sebagai akibat dilakukannya refund menjadi beban pemilik rekening penerima refund



Berlaku bagi Maskapai Domestik & International

Tiket Pesawat dengan fitur Smart Ticket bagi perjalanan anda

  1. Pembelian Electra Smart Ticket dapat dilakukan melalui website Travel Agent.

  2. Electra Smart Ticket berlaku untuk penerbangan rute domestik dan internasional.

  3. Electra Smart Ticket dapat dibeli oleh Warga Negara Indonesia (WNI) yang melakukan perjalanan dari dan ke Indonesia.

  4. Khusus penerbangan menggunakan Electra Smart Ticket hanya berlaku untuk penumpang dewasa, dimana bayi (dibawah 2 tahun) tidak termasuk.

  5. Nilai premi berlaku untuk satu kali perjalanan (one way)

  6. Harga Electra Smart Ticket sudah termasuk dengan asuransi.



Mengganti Keterlambatan Penerbangan Anda

Smart Ticket memberikan kompensasi atas keterlambatan

Terjadinya keterlambatan penerbangan oleh maskapai maka berlaku ketentuan berikut :

  1. Apabila keterlambatan penerbangan terjadi 4 jam dari jadwal keberagkatan, diberikan kompensasi berupa ganti rugi sebesar Rp 300.000 (tiga ratus ribu rupiah)

  2. Klaim keterlambatan penerbangan (delay) baru dapat diklaim apabila tertanggung tetap melanjutkan perjalanannya dengan menggunakan maskapai dan rute yang sama. Jika tertanggung membatalkan perjalanannya karena alasan pesawat delay terlalu lama, maka benefit ini tidak dapat dibayarkan

  3. Penggantian keterlambatan tidak berlaku bagi maskapai Lion Air tujuan Domestik

  4. Penumpang wajib untuk mengajukan klaim atas keterlambatan penerbangan selambat-lambatnya 2 Jam setelah tiba di bandara tujuan.



Penambahan Nilai Refund Pembatalan Perjalanan

Electra Smart Ticket akan melakukan penambahan atas klaim pembatalan perjalanan anda menjadi sebesar 100%

  1. Nilai refund atas kewajiban maskapai adalah menjadi hak penumpang akan dibayarkan sesuai ketentuan maskapai

  2. Electra akan menambahkan nilai refund sebesar selisih atas penggantian dari porsi maskapai, sehingga penumpang akan mendapatkan refund sebesar 100% dari basic fare atas nilai refund.

  3. Electra akan menambahkan nilai refund sebesar selisih atas penggantian dari porsi maskapai, sehingga penumpang akan mendapatkan refund sebesar 100% dari basic fare atas nilai refund.

  4. Untuk rute international, nilai pertanggungan maksimum kepada penumpang adalah sebesar Rp. 30.000.000,- per premi/trip



Perlindungan Kecelakaan Diri

Perlindungan Kecelakaan Diri hingga 50.000.000 IDR

Terjadinya suatu kejadian yang menyebabkan penumpang meninggal dunia atau cacat tetap. Refund dikarenakan meninggal dunia atau cacat tetap akibat kecelakaan hanya berlaku :

  1. Setelah membeli tiket dengan batas maksimum 30 hari sebelum tanggal keberangkatan, maka nilai pertanggungan maksimal sebesar Rp 15.000.000 (lima belas juta rupiah)

  2. Suatu peristiwa yang terjadi dalam area bandara, setelah memasuki pintu X-ray bandara keberangkatan s/d keluar pintu exit bandara kedatangan, maka nilai pertanggungan adalah maksimal sebesar Rp 50.000.000 (lima puluh juta rupiah), tidak termasuk kecelakaan pesawat terbang

  3. Penumpang wajib untuk mengajukan klaim atas peristiwa-peristiwa tersebut diatas selambat-lambatnya 3x24 jam setelah kejadian berlangsung.



Proses Klaim Mudah & Cepat

Proses cepat dan mudah untuk klaim Electra Smart Ticket Tercepat dengan penerimaan dana 2 hari kerja

Proses pengajuan kliam dan penerimaan dana refund diatur dengan ketentuan berikut :

  1. Melakukan penginputan nomor PNR/kode booking untuk permohonan klaim

  2. Dana penerimaan refund akan dibayarkan setelah adanya proses perifikasi, dan maksimal 2 hari kerja dari tanggal pengajuan klaim

  3. Pembayaran atas terjadinya suatu kejadian yang menyebabkan penumpang meninggal dunia atau catat permaenan atau cacat tetap , akan dilakukan maksimal 3 hari kerja setelah verifikasi selesai dilakukan.

  4. Pembayaran atas terjadinya keterlambatan penerbangan yang disebabkan oleh maskapai, akan dilakukan maksimal 3 hari kerja setelah verifikasi selesai dilakukan

  5. Dana klaim akan dibayarkan kepada penerima sesuia dengan sertifikat polis



Dokumen Klaim WAJIB

Anda harus menyediakan dokumen-dokumen pendukung untuk proses klaim sebagai berikut :

  1. Boarding Pass

  2. Foto copy KTP



Dokumen Tambahan
Manfaat/Jaminan Bentuk Dokumen Daftar Dokumen
Kecelakaan Diri - Kematian & Cacat Kecelakaan Diri - Kematian & Cacat Meninggal dunia : surat keterangan meninggal dunia dari pihak berwenang.
Tertanggung hilang : surat keterangan tentang kecelakaan dan penghentian pencarian dari pihak yang berwenang
Cacat tetap : surat keterangan pemeriksaan (visum) dari dokter
Keterlambatan Perjalanan Softcopy Boarding pass
Pembatalan Perjalanan Softcopy & Hardcopy Dokumen Laporan medis/ bukti bahwa Tertanggung atau anggota keluarga dekat sakit parah, cidera berat atau meninggal, atau fotokopi surat penggadilan (jika tertanggung menjadi saksi/ juri di pengadilan)
Bukti pembayaran biaya perjalanan & pernyataan Travel biaya yang unrefundable